article Search box

Thursday, January 9, 2014

Cara Meningkatkan Pagerank Blog atau Website

Cara Meningkatkan Pagerank – PageRank sendiri adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memastikan seberapa pentingkah sebuah website dengan cara menganalisa DOFOLLOW inbound links yang diterima website tersebut. Pagerank adalah salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan nila SERP pada mesin pencari Google. Sehingga website yang mempunyai nilai Pagerank lebih tinggi akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa tampil pada halaman pertama hasil penelusuran google dengan keyword yang relevant.

Menambah Backlinks
Pagerank mempunyai algoritma yang cukup kompleks untuk menilai sebuah website, namun pada dasarnya hal tersebut lebih tergantung dengan seberapa banyaknya inbound link yang diperoleh website, dan seberapa penting website yang memberikan backlink tersebut. Untuk  itu meningkatkan pagerank adalah cara bagaimana mendapatkan high quality backlink dari website-website yang mempunyai ranking tinggi sebanyak mungkin.

Link Nofollow tidak diperhitungkan
Hal ini cukup penting dan perlu diingat bahwa hanya dofollow link yang dihitung sebagai backlink untuk meningkatkan ranking website.
Link nofollow  adalah sebuah link yang mana pada atribut html-nya terdapat tag rel=”nofollow”, contoh : <a href=”alamat-url” rel=”nofollow”>alamat-url</a>, bentuk backlink semacam ini tidak dihitung oleh Google sehingga tidak mempengaruhi apa-apa dalam meningkatkan pagerank, namun oleh alexa masih diperhitungkan sebagai backlink. Sedangkan link dofollow adalah sebuah link yang tidak terdapat tag html seperti rel=”nofollow”, ataupun dengan mengubah tag nofollow menjadi dofollow, contoh : <a href=”alamat-url” rel=”dofollow”>alamat-url</a>, bisa juga dengan <a href=”alamat-url”>alamat-url</a>.

Membatasi Outbound links
Outbound links adalah banyaknya link keluar pada halaman website yang menuju ke situs lain.
Satu dofollow link dari halaman sebuah website  yang menuju ke situs lain dapat memberikan peluang meningkatkan nilai pagerank terhadap website yang anda beri backlink tersebut, apabila perbandingan antara outbound links dengan inbound links lebih banyak outbound links, maka hal ini bisa berdampak kurang baik terhadap reputasi website sehingga bisa menurunkan nilai pagerank. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cobalah untuk meminimalisir outbound links dengan menambahkan tag rel=”nofollow” pada link tertentu yang menuju ke situs lain. Untuk blog wordpress pada kotak komentar  sudah di setting secara default dengan rel=”nofollow” pada setiap outbound links.

Hindari penalty Google
Tidak peduli seberapa banyak dofollow inbound links yang didapat. Semua itu sama sekali tidak ada gunanya apabila sebuah website sudah mendapat pinalti dari Google. Berusahalah untuk bermain jujur dalam blogging, hindari copy paste mentah-mentah dari situs lain, jangan membuat situs yang tujuanya merugikan orang, dan lain-lain.

Artikel Terkait

0   komentar

Post a Comment

Cancel Reply